Intel Compute Stick, PC Sebesar Ibu Jari

Siapasih yang tidak tahu apa itu PC? Kalian pasti sering menjumpai perangkat yang satu ini. Tidak hanya dalam bentuk desktop, PC juga hadir dalam bentuk portable yang lebih akrab disebut laptop. Laptop diciptakan karena masyarakat memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga mereka membutuhkan PC yang bisa dibawa ke berbagai tempat bahkan ke tempat dimana tidak ada listrik sekalipun.

8TxrzgXac

Desktop PC yang sering kita jumpai

Namun pernahkah kalian membayangkan sebuah PC yang hanya memiliki ukuran sebesar ibu jari pria dewasa? Tahun ini perusahaan computer Intel membuka kesempatan bagi kalian yang ingin memesan produk terbaru mereka, Intel Compute Stick. Apabila diperhatikan secara sekilas, Intel Compute Stick memiliki bentuk persis seperti flash drive yang biasa kita gunakan sehari-hari. Meskipun berukuran kecil, spesifikasi yang ditawarkan oleh komputer mini ini tidak bisa dianggap remeh. Intel Compute Stick ditenagai prosesor Intel Atom Z3735F quad-core berkecepatan 1,33 GHz, dan didukung oleh RAM 2GB DDR3 dan pengolah grafik dari Intel HD Graphics. Dengan spesifikasi seperti itu, komputer mini ini dianggap mampu untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari seperti browsing, chatting, atau mengedit dokumen.

IMG_0682

Ukurannya jauh lebih kecil daripada PC yang biasa kita jumpai

Compute Stick ini tersedia dalam dua varian, dengan OS Windows yang memiliki memori internal sebesar 32GB dengan harga $150 atau sekitar Rp 1,9 juta danversi Ubuntu Linux yang hanya memiliki memori internal sebesar 8GB dengan harga $100 atau sekitar Rp 1,3 juta. Keduanya sama-sama memiliki slot microSD untuk ekspansi memori eksternal, dan dilengkapi WiFi, Bluetooth, dua port microUSB, serta port USB untuk mouse, keyboard, atau perangkat lainnya. Tertarik untuk memiliki komputer mini ini?

Source:

Heriyanto, Trisno.(2015). Komputer Mungil Intel Sudah Bisa Dipesan.http://cnnindonesia.com/teknologi/20150406100345-185-44400/komputer-mungil-intel-sudah-bisa-dipesan. Diakses pada 4 April 2015.

Ditya.(2015).Intel Compute Stick Mini PC Dibuka Pre-order, Tersedia 2 Varian.http://sidomi.com/371004/intel-compute-stick-mini-pc-dibuka-pre-order-tersedia-2-varian/. Diakses pada 4 April.

Tinggalkan komentar